3 Kota Terbaik di Dunia: Biaya Hidup Ramah untuk Kantong Mahasiswa

BINCANGPOS.COM – Memilih negara tujuan untuk mendapatkan beasiswa perguruan tinggi di luar negeri tak semudah yang dibayangkan. Bukan hanya memikirkan tempat untuk tinggal,tapi juga biaya hidup sehari-hari juga perlu menjadi bahan pertimbangan.

Meskipun sekolah dengan tangguan beasiswa, tapi bila tak memiliki kemampuan sosial serta pemahaman bahasa yang baik, hal tersebut juga akan butuh waktu untuk adaptasi.

Oleh sebab itu, kita perlu mengetahui kota mana saja yang dinilai ramah untuk para mahasiswa yang mendapat beasiswa, meskipun kota tersebut adalah kota pelajar.

Quacquarelli Symonds (QS) telah meresmikan kota pelajar terbaik di dunia tahun 2021 dan dinilai sebagai kota yang cocok untuk ditinggali mahasiswa di tahun 2022.

Baca Juga:  Ritus, Pengetahuan dan Teknologi Tradisional Masyarakat Sunda di Kota Bandung

Jadi, kota dari mana saja yang memiliki status kota pelajar dan dinilai nyaman dengan biaya terjangkau dari seluruh dunia:

1. Berlin, Jerman.

Versi QS kota pelajar ini juga cocok untuk ditinggali para mahasiswa, bukan hanya kebanggan sebagai kota pelajar terbaik, tapi perguruan tinggi kelas dunia juga ada di Berlin.

Kampus ini mungkin saja sudah tak asing lagi bagi kamu yang sering mencari beasiswa di luar negeri. Berlin memiliki perguruan tinggi yang baik serta populer bernama Freie Universitaet Berlin dan Humboldt-Universität zu Berlin.

Bagi mahasiswa yang ingin menempuh hidup di Berlin dan mendapatkan beasiswa penuh, kamu dapat membiayai hidup mu dengan perkiran tabungan sebanyak 15 juta rupiah selama satu bulan dengan semua kebutuhan yang serba ada.

Baca Juga:  Inilah 6 Alasan Kenapa Kamu Memilih Berkarier di Bidang Perpajakan

2. Sydney, Australia.

Kota Sydney termasuk jajaran kota pelajar terbaik. Perguruan tinggi yang ternama di Sydney adalah The University of Sydney dan The University of New South Wales.

Kota ini juga dinilai murah untuk mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan disana, sebagai mahasiswa internasional diperkirakan kamu akan menghbiskan biaya sebanyak 15 hingga 25 juta rupiah. Biaya tersebut sudah mencangkup makan, tempat tinggal, transportasi dan kebutuhan rutin bulanan.

3. Tokyo, Jepang.

Sejumlah perguruan tinggi ternama terdapat di kota Tokyo. Seperti Waseda University, Keio University, Tokyo Institute of Technology dan The University of Tokyo. Tokyo juga menjadi kota pelajar terbaik di tahun 2019 versi QS.

Baca Juga:  Keren dan Nyaman! 5 Perpustakaan Ini Berada di Jakarta

Bila tinggal di Tokyo untuk hidup sebagai mahasiswa penerima beasiswa, kamu tidak hanya belajar di lingkungan kampus saja. Kamu juga bisa belajar adat serta budaya Jepang dengan waktu yang cukup lama.

Melansir dari beberapa sumber yang ada, untuk bisa hidup di Tokyo dengan semua fasilitas yang serba ada dan modern. Selama satu tahun, rata-rata orang yang hidup sendiri akan menghabiskan uang sekitar 300 yen atau kurang lebih setara dengan 40 juta rupiah.