Anies Baswedan Dorong Kendaraan Dinas Pemprov DKI Gunakan Mobil Listrik

BINCANGPOS.COM – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan Pemprov DKI Jakarta tengah mempersiapkan transisi kendaraan dinas mereka bertenaga listrik. Proses transisi ini bertahap hingga akhirnya kendaraan dinas Pemprov DKI Jakarta bertenaga listrik.

Hal ini disampaikan Anies usai meluncurkan 30 bus listrik TransJakarta di Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas), Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (8/3/2022).

“Jadi ini yang kita dorong, nah kemudian di DKI Jakarta sedang ada proses saat ini untuk nanti kendaraan-kendaraan dinas akan bisa menggunakan berbasis listrik,” kata Anies Baswedan.

Baca Juga:  Definisi Damai, Ketiadaan Perang dan Kekerasan! Ditambah Menetapnya Rasa Nyaman di Jiwa

Meski begitu, Anies menegaskan prosesnya akan dilakukan secara bertahap. Untuk saat ini, pihaknya masih memprioritaskan pengadaan transportasi umum berbasis listrik ketimbang kendaraan pribadi.

“Tapi itu bertahap. Kami justru memprioritaskan kendaraan umum berbasis listrik daripada kendaraan pribadi berbasis listrik,” ujarnya.

Menurut Anies, melalui kendaraan listrik pihaknya dapat mengatasi dua permasalahan mobilitas warga Jakarta, yaitu kemacetan serta polusi udara. Jika kendaraan pribadi dialihkan ke tenaga listrik, itu tak akan menyelesaikan kemacetan di Ibu Kota.

“Kalau kita mendorongnya pada mobil listrik pribadi maka ia hanya menyelesaikan satu mengurangi polusi udara tapi kendaraan bermotornya tidak. Tetap ada kendaraan bermotor hanya ramah lingkungan, ini yang kita dorong,” terang Anies.

Baca Juga:  Kisah Haru Anies Baswedan di Amerika Serikat. Sosok ini Selalu Kirim Surat Berisi Uang!

“Karena kalau dinas berbasis listrik maka jumlah kendaraannya di jalan masih sama. Ini yang menjadi fokus kita,” sambungnya.