Bangga! Inilah 5 Film Indonesia yang Meraih Penghargaan Internasional, Apa Saja?

Film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas, salah satu film yang meraih penghargaan internasional (Sumber foto: @SepertiDendam)

BINCANGPOS.COM – Kabar gembira bagi pecinta film Indonesia! Pasalnya, sejumlah film Indonesia berhasil mendapatkan penghargaan Internasional.

Penghargaan film Indonesia itu tak hanya membanggakan para kru, pemain, sutradara, tapi juga bagi masyarakat Indonesia, karena ternyata film kita diakui dunia internasional. Wow!

Nah, film-film Indonesia apa saja yang mendapatkan penghargaan internasional itu?

Berikut 5 film Indonesia yang mendapatkan penghargaan internasional. Yuk, kita simak satu persatu:

1. Yuni.

Film karya Kamila Andini ini berhasil mendapatkan penghargaan platform prize pada Toronto International Film Festival 2021.

Pengumuman kemenangan film Yuni di Toronto International Film Festival 2021 disampaikan secara langsung oleh Riz Ahmed selaku perwakilan juri di kategori platform prize.

Baca Juga:  5 Alat Musik Khas Sunda Ini Berasal dari Kebudayaan Jawa Barat

2. Turah.

Turah merupakan film Indonesia yang menggunakan bahasa Jawa Tegal. Film karya Wicaksono Wisnu Legowo ini berhasil mendapatkan beberapa penghargaan internasional.

Di antaranya, Singapore International Film Festival 2016, Bengaluru International Film Festival 2017 sampai Asean International Film Festival and Award 2017.

3. Sekala Niskala.

Film Sekala Niskala menceritakan tradisi dan kepercayaan masyarakat Bali melalui dua anak laki-laki dan perempuan kembar.

Film ini berhasil meraih penghargaan The Grand Prix pada kategori Generation Kplus International Jury di ajang festival film Berlinale ke-68 di Berlin, Jerman pada 2017.

Baca Juga:  Tanaman Hias Cantik Ini Sedang Ngetren. Murah, Meriah dan Indah

Selain itu, film tersebut mendapatkan Best Youth Feature Film di Asia Pacific Screen Award 2017 dan Grand Prize di Tokyo FilMex International Film Festival 2017.

4. Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas.

Film ini merupakan adaptasi dari salah satu novel Eka Kurniawan. Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas berhasil mendapatkan penghargaan International Film Festival.

Tak hanya itu, film yang disutradarai oleh Edwin tersebut diputar di Toronto International Film Festival 2021.

5. Kucumbu Tubuh Indahku.

Film yang disutradarai Garin Nugroho, pertama kali tayang di Festival Film Internasional Venesia ke-75 dan kemudian ditayangkan di Festival Tiga Benua Nantes.

Baca Juga:  Cara Memasak Resep Soto Bandung Ini Layak Dicoba

Kucumbu Tubuh Indahku berhasil mendapatkan penghargaan internasional sebagai film terbaik dalam tiga penghargaan, yakni Venice Indefendent Film Critic, Festival Des 3 Continents, dan Asia Pacific Screen Awards.

Dan film ini pernah dilarang beredar atau diputar di Indonesia karena diduga mengusung LGBT.

Nah, itulah 5 film Indonesia yang mendapatkan penghargaan internasional, seperti dilansir @keepodotme, Rabu, 10 November 2021.

Semoga film-film Indonesia semakin diakui dunia internasioanl dan beroleh penghargaan di ajang festival film selanjutnya.