Bila Pas Mudik HP Anda Hilang di Rest Area, Ini Cara Melacaknya!

BINCANGPOS.COM – Satu pekan jelang hari raya Idul Fitri 2022, sejumlah masyarakat yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia mulai meninggalkan kota lokasi mereka bekerja dan kembali ke kota asal masing-masing, alias mudik.

Perjalanan yang dilakukan setiap tahun menjelang hari raya Idul Fitri ini melibatkan sejumlah moda transportasi, salah satunya adalah dengan mengendarai kendaraan pribadi. Mode ini kerap mengharuskan pengendara untuk beristirahat sejenak di lokasi khusus yang disediakan di jalan bebas hambatan atau tol, lebih dikenal dengan sebutan Rest Area.

Namun, terdapat sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan selama beristirahat di Rest Area, salah satunya menjaga barang bawaan, termasuk smartphone atau HP. Padatnya area tersebut kerap dimanfaatkan pihak tidak bertanggung jawab untuk mengambil alih barang bawaan Anda.

Baca Juga:  2 Cara Praktis Lihat Story Instagram Diam-diam Tanpa Install Aplikasi Khusus

Apabila kehilangan smartphone Android, termasuk di Rest Area, Anda dapat memanfaatkan layanan Google untuk membantu menemukan smartphone yang hilang. Sebab Google melengkapi layanan yang ditawarkannya dengan fitur berkemampuan menemukan baik ponsel hingga jam tangan bersistem Wear OS yang hilang.

Selain itu, Google juga membekali layanannya dengan fitur untuk mengunci dan menghapus data di ponsel Android yang hilang. Berikut langkah yang perlu Anda lakukan.

1. Kunjungi situs pencarian Google dan setujui Google untuk melacak lokasi.

2. Masuk ke akun Google di ponsel yang hilang, dan klik jenis ponsel yang hilang di sudut kanan atas halaman jika digunakan di lebih dari satu perangkat.

Baca Juga:  Inspirasi Desain Taman di Depan Rumah, Cocok Untuk Iklim Tropis

3. Jika ponsel memiliki lebih dari satu profil akun Google, masuk dengan akun Google profil utama di ponsel Anda.

4. Notifikasi akan muncul pada ponsel yang hilang dari Google Play Service, dan kemudian akan muncul informasi soal lokasi ponsel Android di Maps.

Sayangnya, lokasi ponsel berpotensi tidak akurat dan merupakan lokasi prediksi. Anda dapat memanfaatkan lokasi tersebut sebagai patokan kisaran lokasi saat mencari ponsel. Setelah berada di lokasi prediksi, Anda dapat aktifkan fitur Putar Suara untuk menderingkan ponsel selama lima menit dan memudahkan mencari tahu lokasi perangkat.

Baca Juga:  Kalau Perlu untuk Belajar, Inilah 5 Rekomendasi HP untuk Anak Sekolah Dasar

Sebagai informasi, fitur ini memungkinkan ponsel berdering tanpa henti selama lima menit, walaupun perangkat dalam keadaan mode getar atau silent. Selamat mencoba!