Bisnis  

Datangkan Cuan dari Gengsi Orang! Inilah 2 Ide Bisnis Cerdik Masa Kini

BINCANGPOS.COM – Bukan hanya melakukan bisnis untuk jual beli saja, tapi memanfaatkan teknologi melalui dunia maya bisa mendatangkan pendapatan bagi mereka yang membuka persewaan barang mewah.

Bagi sebagian orang, memiliki barang mewah suatu hal yang diperlukan. Hal itu bisa saja muncul dari rasa gengsi dalam dirinya sendiri. Jiwa konsumsi dalam seseorang yang mementingkan pengakuan lingkungan serta pendapat orang lain pasti akan tetap muncul dalam inovasi barang-barang mewah tersebut.

Namun, bagaimana bila seseorang tak memiliki cukup biaya untuk menutupi rasa gengsi tersebut? Ya, salah satunya dengan menyewa barang.

Fenomena menyewakan barang dengan merk ternama kini kian marak, jadi ini bisa digunakan sebagai peluang besar untuk berbinis. Ditambah lagi, perkembangan teknologi kini akan semakin membantu mereka untuk menjangkau calon pelanggan dengan lebih luas.

Baca Juga:  4 Cara Mudah Agar Bisnismu Mengalirkan Keuntungan Cuan Berlipat-lipat

Para pemilik barang mewah dengan label orisinilnya dapat membuat usaha tersebut dengan menggunakan pemasaran melalui media sosial dan ini menawarkan pendapatan tambahan.

Hal tersebut tidak hanya akan memberikan keuntungan bagi pelaku bisnis, tapi juga akan mengurangi biaya seorang pelanggan membutuhkan barang tersebut. Ia bisa mendapatkan barang dengan harga yang murah meski hanya dengan menyewa dibanding harus membeli serta mengeluarkan uang ratusan juta rupiah dan itu yang dinamakan sharing economy.

Melansir laman Kontan.co.id, menurut CEO dari salah satu perusahaan besar di Indonesia, Christian Sugiono, potensi bisnis sharing economy nilainya diperkirakan tumbuh dari US$ 15 miliar atau sekitar Rp 211 triliun pada 2014 menjadi US$ 235 miliar (sekitar Rp 3.312 triliun) pada 2025. Potensi bisnis ini yang dibidik para penyedia platform marketplace sewa-menyewa barang.

Baca Juga:  3 Cara Hidup Sukses untuk Milenial! Muda Foya-Foya, Tua Kaya Raya

Bagi para pengusaha lain yang memang ingin terjun dalam dunia bisnis, ada beberapa barang yang dapat digunakan untuk produk sebuah bisnis penyewaan. Apa saja itu? Berikut ulasannya:

1. Sewa Gaun

Bagi sebagain orang akan lebih memilih menyewa gaun yang mewah dan memiliki nama yang sudah populer dibanding memilih membuat gaun dengan pilihan kainnya sendiri.

Jika memiliki modal yang cukup, bisnis ini akan mendatangkan cuan. Sebab banyak agenda masyarakat yang meinginkan sebuah gaun dengan merk tenama untuk dipakainya. Seperti perayaan pesta natal, prewedding gowns, acara penikahan atau perayaan lain.

Disisi lain, pelaku bisnis juga perlu menambahkan sebuah fasilitas untuk menambah bisnisnya semakin diakui serta mendapat penilaian yang bagus.

2. Sewa Ponsel

Salah satu yang lagi marak di dunia maya sekarang ini adalah sewa iphone. Salah ponsel yang menjadi incaran banyak remaja dan kaum muda. Ponsel dengan harga ratusan juta dapat menciptakan rasa gengsi serta perasaan ingin mememiliki bagi sebagaian kalangan dan ini bisa dijadikan sebagai peluang bisnis.

Baca Juga:  3 Tahapan Meminta Kenaikan Gaji Pada Perusahaan Tempat Kita Bekerja

Bukan hanya mendapatkan cuan, tapi bisnis ini cukup mudah diterapkan bagi mayoritas anak muda dengan penghasilan tinggi. Tak perlu memiliki modal yang cukup banyak untuk membuat bisnis kecil ini, selain itu kemungkinan balik modal juga akan cepat.

Hanya saja, terdapat risiko yang perlu diperhatikan dalam melakukan sewa ponsel. Yaitu, rusaknya ponsel dan hilangnya ponsel itu sendiri. Oleh sebab itu, sebagai pebisnis kita juga perlu mengetahui data-data dari para pelanggan kita dan mendapatkan jaminan saat melakukan penyewaan barang.