Kabar  

Gubernur Anies Baswedan Sebut Jakarta Kota Global Berstandar Internasional!

BINCANGPOS.COM – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut ibu kota RI sudah berstandar global. Mulai dari bangunan, aplikasi layanan kota, hingga fasilitas publik.

Anies menyampaikan penilaian itu dalam sambutan di puncak Jakarta Hajatan HUT DKI ke-495 di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu (25/6/2022) malam.

“Malam hari ini kita merayakan perjalanan Jakarta. Sudah hampir memasuki usia 500 tahun dan sekarang kita bisa menyatakan pada dunia bahwa Jakarta adalah kota global,” kata Anies.

“Apa kota global itu? Kita sebut kota global karena sarananya adalah sarana berstandar internasional. Ketika ada orang datang ke Jakarta dari berbagai belahan dunia, datang ke kota ini, maka akan menemukan stadionnya berstandar internasional, trotoarnya berstandar internasional, pusat kebudayaan dan kesenian berstandar internasional,” ujar Anies.

Baca Juga:  DKI Jakarta Terapkan PPKM Level 1 dengan Pembatasan Kegiatan Khusus Saat Hari Raya Natal dan Tahun Baru

Anies juga menyebutkan sarana, seperti halte, terminal, hingga transportasi umum di Jakarta sudah berstandar internasional.

“Menyaksikan halte, terminal, tempat pemberhentian, bahkan busnya, MRT-nya, semua berstandar internasional. Ini adalah contoh kita memasuki era kota global,” kata Anies.

Begitu pula dengan bangunan di Jakarta. Warga negara lain bisa melihat Jakarta International Stadium (JIS) yang berstandar internasional.

Selain itu, Anies mengatakan Pemprov DKI pun memiliki aplikasi Jakarta Kini (Jaki) yang berstandar internasional. Dia menyebut Jaki dinobatkan sebagai aplikasi pelayanan kota terbaik di Asia Tenggara.

Baca Juga:  Sebagai Badan Publik, Perguruan Tinggi Harus Transparan Soal Informasi

“Ini pemanfaatan teknologi digital, bukan hanya terbaik di Indonesia tapi sudah dinobatkan sebagai aplikasi pelayanan kota terbaik di Asia Tenggara,” kata Anies.

Status Jakarta sebagai kota global makin kukuh setelah Jakarta berhasil menggelar ajang bertaraf internasional, World Championship Formula E. Dia mengatakan Formula E telah berjalan dengan amat sukses.

“Hanya 10 negara di dunia dan Indonesia salah satunya. Ini semua adalah karya anak bangsa,” kata Anies.