Inilah 2 Versi Lafaz Doa Terhindar dari Musibah dan Bencana. Yuk Amalkan!

BINCANGPOS.COM – Bencana dan musibah yang menimpa manusia di dunia ini tak terprediksi datangnya. Pun tak mudah diketahui tanda-tandanya. Akan tetapi, ada salah satu upaya, terutama bagi orang Islam agar terhindar dari berbagai musibah dan bencana, seperti yang diajarkan Rasulullah Saw.

Upaya itu adalah dengan memaksimal doa. Artinya, doa tersebut perlu diamalkan, dibaca paling tidak sehabis salat lima waktu agar benar-benar menjadi penyelamat.

Bukankah doa adalah senjatanya orang Islam? Nah, bila kita sudah punya senjata, maka gunakan selalu di setiap tempat dan waktu.

Nah, lalu seperti apa doa agar terhindar dari musibah dan bencana sesuai ajaran Rasulullah Saw itu? Berikut doanya, baik yang versi panjang maupun pendeknya:

Baca Juga:  Kamu Bertanya tentang Jodoh, Inilah 3 Jawaban Cerdas UAS

“Bismillahilladzi la yadhurru ma’asmihi syai’un fil ardhi wala fi samaa wa huwassami’ul aliim.”

Artinya: Dengan menyebut nama Allah Swt yang jika bersama nama-Nya sesuatu itu tidaklah berbahaya, baik saat berada di bumi maupun di langit. Dan Dia (Allah) Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Adapun cara mengamalkan doa ini, yakni hendaknya dibaca 3 kali setiap pagi dan petang atau kira-kira dari pukul 15.00 sampai matahari terbenam.

Lalu, bagaimana doa versi panjangnya? Berikut lafaznya:

“Allahumma faathiras samaawati wal ardhi, ‘alimal ghaibi wa syahaadati, fa inni a’hadu ilaika fi hadzihil hayatid dunya, innaka in takilni ila ‘amalin tuqaribuni minasy syarri wa tuba’iduni minal khair, la atsiqu illa birahmatika, faj’al li ‘indaka ‘ahdan tuwaddiihi illa yaumal qiyaamati, innaka la tukhliful mii’aad.”

Artinya: Ya Allah, Sang pencipta langit dan bumi, yang mengetahui semua yang gaib dan yang lahir, sesungguhnya saya berjanji kepada Engkau dalam kehidupan dunia ini, bahwa bila Engkau membiarkan diriku berbuat yang mendekatkan diriku pada kebajikan dan menjauhkan diriku dari kejelekan, sedangkan aku tidak percaya kepada siapa pun kecuali kepada rahmat-Mu, maka jadikanlah bagiku di sisi Engkau suatu perjanjian yang Engkau akan tunaikan kepadaku di Hari Kiamat. Sesungguhnya Engkau tidak pernah menyalahi sebuah janji.

Baca Juga:  Punya Bayi Perempuan? Ini 5 Rekomendasi Nama Bayi Perempuan dalam Al-Quran

Demikianlah doa agar terhindar dari musibah dan bencana sesuai ajaran Rasulullah SAW, baik versi pendek maupun panjang. Silakan pilih atau hafal yang disukai. Intinya sama saja, bahwa doa tersebut gunanya meminta dan memohon kepada Allah agar musibah dan bencana jauh dari kita.