Inilah 5 Bunyi dan Makna Lambang Pancasila

BINCANGPOS.COM – Sobat bincangpos!!! Pancasila sebagai dasar negara Indonesia patut dijadikan sebagai pandangan hidup dalam bernegara. Lantas apa bunyi dan makna 5 lambang pada gambar Pancasila?

Pancasila terdiri dari dua suku kata, yaitu panca dan sila. Panca artinya lima dan sila artinya dasar. Sehingga, Pancasila adalah lima dasar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pancasila memiliki bentuk perisai atau tameng yang berada di bagian dada burung garuda. Perisai terbagi atas lima ruang yang berisi simbol Pancasila dari sila pertama hingga kelima.

Dikutip dari laman resmi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), berikut isi Pancasila beserta makna lambang Pancasila:

Baca Juga:  3 Kota Terbaik di Dunia: Biaya Hidup Ramah untuk Kantong Mahasiswa

Isi bunyi Pancasila

1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Arti dari 5 Lambang Pancasila:

1. Simbol bintang

Simbol gambar bintang berwarna kuning yang bersudut lima dengan latar belakang warna hitam terletak di bagian tengah perisai dijadikan sebagai dasar Ketuhanan Yang Maha Esa.

Lambang sila pertama dalam Pancasila ini mengandung maksud bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius. Yaitu bangsa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Baca Juga:  4 Kompetensi dalam Menghadapi Tantangan Masa Depan Menurut Rektor UMBandung!

2. Simbol rantai

Rantai dengan latar belakang warna merah dijadikan sebagai dasar Kemanusiaan yang Adil dan beradab. Simbol gambar rantai ini dijadikan sebagai lambang sila kedua dari Pancasila. Rantai yang berjumlah 17 dan saling sambung menyambung tidak terputus ini melambangkan generasi penerus yang turun temurun.

3. Simbol pohon beringin

Pohon berangin yang terletak di bagian atas sebelah kiri gambar bintang dijadikan sebagai dasar Persatuan Indonesia. Simbol pohon beringin ini dijadikan sebagai lambang sila ketiga Pancasila. Pohon beringin melambangkan sebagai tempat berteduh atau berlindung.

Baca Juga:  Perceraian Kedua Orang Tua Awal Dari Penderitaan Anak

4. Simbol kepala banteng

Simbol kepala banteng terletak di sebelah atas kanan gambar bintang. Kepala Banteng dijadikan sebagai dasar kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Kepala banteng diartikan sebagai tenaga rakyat yang dijadikan sebagai lambang sila keempat Pancasila.

5. Simbol padi dan kapas

Simbol padi dan kapas melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan. Simbol ini ijadikan sebagai dasar keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Simbol padi dan kapas ini terletak di sebelah kanan bawah dari gambar bintang dan dijadikan sebagai lambang sila kelima Pancasila.