Inilah 5 Destinasi Wisata Alam di Tasikmalaya. Kunjungi Ya Kalau Ke Tasik

BINCANGPOS.COM – Panorama yang memukau di Kabupaten Tasikmalaya dapat dikunjungi mulai dari gunung, ngarai, air terjun hingga pantai. Ada banyak opsi destinasi menarik dan menyenangkan bagi pelancong yang hendak berlibur di kabupaten ini.

Beberapa destinasi alam berikut sudah sejak lama menjadi daftar kunjungan wisatawan saat melancong ke Priangan Timur. Selain indah, tempat ini juga Instagramable dan layak dikunjungi generasi milenial. Apa saja?

1. Pantai Karang Tawulan

Secara administratif, pantai ini berada di Desa Kalapagenep Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya. Jaraknya sekitar 90 kilometer dari pusat Kota Tasikmalaya. Cukup mudah untuk tiba di pantai yang menghadap Samudera Hindia. Kemudahan aksesibilitas makin melengkapi pesona pantai ini.

Pantai Karang Tawulan terbilang pantai indah dengan hamparan beragam pulau karang mini yang eksotis. Karang-karang kokoh dan indah ini begitu mencolok menghias panorama di sekitar, sesuai namanya. Terlebih, pantai demikian asri dan menghadirkan kesejukan.

Baca Juga:  Ya Ada Dong! Destinasi Wisata Mandi Bola di Bandung. Ke Centrum Milion Ball Aja Deh!

2. Kawah Gunung Galunggung

Apa yang dapat dinikmati di sana? Ya, Kawah Gunung Galunggung telah lama menjadi legenda di tengah masyarakat. Danau di dalam kawahnya punya hal yang unik, yaitu berair dingin dan tidak tercium bau belerang. Untuk dapat menjejakkan kaki di kawah, Anda harus menaiki dan menuruni sekira seribu anak tangga.

Dengan melalui tangga tersebut wisatawan dapat melihat dari dekat danau dengan pulau kecil di tengahnya. Di sekitar kaki Gunung Galunggung juga terdapat pemandian air panas yang mengandung mineral berkhasiat untuk penyembuhan kulit maupun kesegaran jasmani.

3. Curug Panetean

Curug Panetean di Desa Kubangsari Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya kerap disebut jacuzzi di alam bebas. Air jernih dan kolam-kolam mini akan menyambut wisatawan setelah melakukan perjalanan melewati bukit dan lembah.

Baca Juga:  Inilah 5 Tempat Kuliner Malam di Kota Bandung

Kolam air terjun ini menjadi tempat yang memuaskan untuk berenang di alam. Ada beberapa kolam indah di sana. Mungkin, kalau sedang sepi pengunjung, rasanya seperti berendam di kolam pribadi. Jika hendak berkunjung di Curug Panetean disarankan berbekal pakaian khusus untuk renang dan alas kaki yang nyaman.

4. Curug Dengdeng

Terletak di Desa Cikawung Gading Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya, Curug Dengdeng menyajikan panorama yang eksotis. Wisatawan dapat menikmati keindahan tiga tingkat air terjun, yakni setinggi 13, 11, dan 9 meter. Air terjun jernih ini berasal dari aliran Sungai Cikembang.

Untuk sampai di destinasi memukai ini, wisatawan mesti melakukan perjalanan cukup melelahkan. Tentu saja dengan berjalan kaki melewati kondisi yang masih sangat alami yakni hutan jati.

Baca Juga:  Arti, Resep dan Cara Membuat Cuanki yang Lezat dan Nikmat

Namun, begitu tiba di lokasi, perjalanan menantang itu akan terbayar oleh pesona Curug Dengdeng yang asri dan menenangkan.

5. Tonjong Canyon

Destinasi wisata Tonjong Canyon berada di Desa Nagrog Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. Tempat ini mengemuka dan sohor karena pesonanya yang memukau, yaitu tebing berwarna cokelat dengan air sungai kehijauan yang mengalir di bawahnya.

Wisatawan dapat melakukan beragam aktivitas di ngarai ini, seperti berenang, sekadar berfoto atau melepas penat. Tentu saja, Tonjong Canyon cocok menjadi destinasi liburan keluarga.

Akan tetapi, perlu ekstra hati-hati mengingat medannya yang relatif terjal dan mungkin saja bebatuannya licin karena terkena air sungai atau hujan.