Inilah 6 Nutrisi Hati Menurut dr. Zaidul Akbar. Semuanya Bisa Bikin Hatimu Bercahaya!

BINCANGPOS.COM – Sebagaimana tubuh, hati manusia juga perlu dijaga dan diberi asupan gizi dan nutrisi yang cukup. Bila hati tak diperhatikan dengan maksimal, baik dari gizi dan nutrisinya, maka lambat laun ia akan kekurangan asupan keduanya.

Padahal, asupan dari keduanya sangat penting bagi perkembangan dan kesehatan hati agar ia tetap terjaga dan tak gampang sakit. Lalu, adakah nutrisi untuk hati? Ada, dan itu mudah sekali untuk dikonsumsi oleh umat Muslim.

Dokter Zaidul Akbar, seorang ahli herbal dan pengobatan islami dalam unggahannya di Instagram memberi tahu nutrisi untuk hati. Kata ustad Zaidul Akbar, nutrisi hati ada enam. Berikut urutannya:

Baca Juga:  Punya Bayi Laki-Laki? Ini 5 Rekomendasi Nama yang Bagus dari Al-Quran

1. Berdzikir kepada Allah

Jelas, berdzikir adalah salah satu amalan yang disukai Allah. Di dalam kalimat dzikir tertuang pengakuan bahwa manusia itu tempat salah dan dosa. Nah, saat manusia merasa berlumur kesalahan karena tak menjalani perintah-Nya, maka dzikir adalah jalan yang mudah dilakukan.

2. Membaca Alquran

Siapa pun seorang hamba yang membaca Alquran dengan penuh kesungguhan, insyaallah Allah akan lembutkan hatinya. Selain itu, istikamah membaca Alquran dapat pula membersihkan hati dari sifat takabur dan penyakit hati lainnya.

3. Beristighfar

Inti istighfar adalah semacam pengakuan bahwa Allah itu tempat mengadu segala keluh-kesah. Tak ada lagi tempat terbaik untuk meminta ampun selain kepada Allah dengan memperbanyak kalimat astagfirullahaladzim. Insyaallah istighfar dapat membuat hati jadi tenang.

Baca Juga:  Inilah Cara Membedakan Uang Palsu dengan Rupiah Asli. Dilihat, Diraba, Diterawang!

4. Berdoa

Keterangan menyebutkan bahwa doa adalah senjatanya orang Muslim. Bila ia senjata, maka haruslah selalu dipergunakan agar tak tumpul. Berdoalah. Berdoalah. Berdoalah kepada Allah agar Dia mendengar doamu yang sesungguhnya. Asah doamu setiap saat!

5. Membaca shalawat kepada Nabi Muhammad Saw

Keutamaan shalawat sudah banyak dibahas, baik oleh Nabi Muhammad Saw maupun para sahabat dan ulama. Salah satu keutamaannya, siapa saja yang bershalawat kepada nabi dan keluarganya, maka segala hajat segera Allah kabulkan!

6. Shalat malam

Ingat dengan lagu Tombo Ati yang dinyanyikan Opik, bukan? Ya, shalat malam atau tahajud adalah salah satu obat penyakit hati. Kapan Anda terakhir shalat malam? Alhamdulillah bila shalat malam sudah menjadi kebiasaan Anda. Nikmat, bukan? Yuk, aktifkan lagi salah satu nutrisi hati ini mulai sekarang!

Baca Juga:  Inilah 6 Alasan Kenapa Kamu Memilih Berkarier di Bidang Perpajakan

Itulah 6 nutrisi hati yang dapat mencegah hati dari berbagai penyakit hati, misalnya, sombong, iri, dengki, dan lainnya. Mari kita konsumsi nutrisi hati tersebut dengan riang dan konsisten!