Inilah Bedanya Lafaz Niat Sholat Ashar Sendirian dengan Berjamaah

BINCANGPOS.COM — Sholat lima waktu, yakni subuh, dzuhur, ashar, magrib, dan isya merupakan sholat yang dilakukan pada waktu-waktu tertentu.

Pun begitu dengan lafaz niat setiap sholatnya tentu berbeda-beda. Hal itu pun berlaku jika hendak melaksanakan sholat ashar.

Sebelum membahasa lebih jauh mengenai lafaz niat sholat ashar, baik saat sholat sendirian maupun berjamaan, ada baiknya dijelaskan dulu arti ashar itu sendiri.

Ashar atau asar, menurut KBBI online diartikan sebagai waktu salat wajib pada petang hari antara sehabis waktu zuhur dan terbenam matahari.

Baca Juga:  3 Syarat dalam Islam Perempuan Boleh Bekerja, Berkarier dan Berbisnis

Lalu, seperti apakah lafaz niat sholat ashar yang dikerjakan sendirian?

Begini lafaznya: “Usholli fardhol ‘ashri arba’a raka’aatin mustaqbilalqiblati adaan lillaahi ta’ala.”

Artinya: “Saya (berniat) mendirikan sholat fardhu ashar empat rakaat dengan menghadap kiblat pada waktunya karena Allah.”

Sedangkan lafaz sholat ashar yang dilaksanakan berjamaah, adalah: “Ushollii fardhal ‘ashri arba’a raka’aatin mustaqbilal qiblati imaaman lilaahi ta’aala.”

Artinya : Saya (berniat) mendirikan sholat fardhu ashar empat rakaat dengan menghadap kiblat sebagai imam karena Allah.

Selain mendapatkan ganjaran pahala yang setimpal, orang yang meninggalkan sholat ashar pun akan memperoleh banyak kerugian.

Baca Juga:  Kamu Bertanya, UAS Menjawab: Inilah Kehidupan Ustadz Abdul Somad

Misalnya, sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Al-Zuhri, Rasulullah Saw bersabda: “Barang siapa tak mengerjakan sholat ashar, maka seakan-akan ia telah dirampas keluarga dan hartanya.”

Rasulullah Saw juga bersabda, seperti yang diriwayatkan oleh Buraidah ibn Al-Hashib,“Segerakan sholat ashar pada hari yang penuh mendung, sebab barang siapa tak mendirikan sholat ashar, maka terhapuslah semua amalannya.”

Nah, supaya tidak mendapat kerugian, baik di dunia dan akhirat, ayo perbaiki sholat asharnya mulai sekarang.

Jika memang benar-benar ingin memperbaikinya dan tak mengulanginya lagi, artinya hendak konsisten sholat ashar, insyaallah akan diberi kemudahan.

Baca Juga:  Hukum Mengucapkan Selamat Natal kepada Umat Kristen Menurut Muhammadiyah

Itulah lafaz niat sholat ashar sendirian dan berjamaah serta kerugian bagi yang meninggalkannya.