Inilah Cara Bersyukur Menurut dr. Zaidul Akbar. Insyaallah Dimudahkan Segala Urusan!

BINCANGPOS.COM – Bisakah manusia selalu bersyukur kepada Allah dalam keadaan atau situasi apa pun? Nyatanya memang tak semua hamba Allah dapat bersyukur dalam segala situasi, misalnya ketika mereka dalam kondisi kesulitan.

Orang yang mampu bersyukur ketika dalam kondisi sulit, berarti memang manusia tersebut benar-benar hamba yang mengimani betul Allah Swt. Bayangkan, dalam keadaan, misalnya salah satu anggota tubuhnya tak lengkap, ia merasa bahwa Allah masih memberikannya kesempatan hidup.

Kesempatan hidup itulah yang ia syukuri setiap hari. Ia selalu berbaik sangka, bahwa pasti ada orang yang kondisinya lebih parah dari dirinya, cuma mereka tak mengeluh.

Baca Juga:  Perceraian Kedua Orang Tua Awal Dari Penderitaan Anak

Lalu, seperti apa kira-kira agar kita tetap bersyukur kepada Allah dalam berbagai situasi dan kondisi? dr. Zaidul Akbar memberikan cara agar kita diberikan kemampuan untuk bersyukur dalam keadaan atau situasi, bahkan dalam kondisi terpuruk sekalipun.

1. Sesulit apa pun, seberat apa pun keadaan yang ada, maka ajukan pertanyaan pada diri sendiri terlebih dahulu,”Bagaimana saya bisa bersyukur pada kondisi seperti ini?”

Setelah pertanyaan itu dimunculkan, kata Zaidul Akbar carilah jawabannya dengan melihat pada diri sendiri, sekitar kita dan apa pun yang bisa ditangkap panca indra untuk dijadikan sarana bersyukur.

Baca Juga:  Kamu Bertanya tentang Rukyah, Inilah Jawaban Cerdas dan Cara UAS Menangkal Jin

2. Setelah yang bisa memantik rasa syukur itu muncul, lalu ucapkanlah dan katakan kalimat-kalimat syukur dalam hati dengan penuh kekhusyukkan.

Tumpahkan kalimat-kalimat syukur tersebut setiap hari sambil melihat kondisi kita yang sesungguhnya pada saat itu.

Sang pendakwah gaya hidup Islami itu mencontohkan sahabat Rasulullah Saw ketika minum. Mereka menjedanya dengan beberapa kali tegukan agar mereka bisa memperbanyak bismillah dan alhamdulilah untuk meraih pahala dari air tersebut.

Bila dua hal itu kita lakukan, ungkap dr. Zaidul Akbar, efeknya adalah hari-hari kita akan diselimuti perasaan lega dan dibukakan pintu-pintu kebaikan dan rahmat berupa ide dan semangat yang Allah tunjukkan kepada kita.

Baca Juga:  Punya Bayi Perempuan? Ini 5 Rekomendasi Nama Bayi Perempuan dalam Al-Quran

Bila sudah begitu, inilah rasa syukur yang sebenarnya yang dapat membangkitkan kekuatan dan semangat, begitu ujar pendakwah yang ahli bekam itu. Tak hanya itu, kata dr. Zaidul Akbar, hanya Allah yang membuat hati manusia nengucapkan ungkapan syukurnya dalam berbagai situasi.