Inilah Cara Bikin CV untuk Mahasiswa yang Akan Melamar Magang Ke Perusahaan!

BINCANGPOS.COM – Bagi mahasiswa atau fresh graduate yang sedang mencari tempat magang, pasti membutuhkan Curriculum Vitae (CV) sebagai salah satu syarat melamar di sebuah instansi atau perusahaan. Seringkali, ada beberapa pertanyaan yang biasa muncul ketika akan membuat CV magang.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) membagikan hal-hal perlu diperhatikan dalam membuat CV magang. Simak penjelasan berikut ini:

Yang harus Dicantumkan di CV

Bagi mahasiswa atau fresh graduated yang ingin melamar magang, perlu mencantumkan data dan deskripsi diri dalam CV. Kemudian, jelaskan tujuan magang, riwayat pendidikan (kuliah), pengelaman bekerja atau selama di kampus, juga keterampilan.

Baca Juga:  5 Negara Ini Gunakan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Alternatif

Jika ada, bisa menambahkan prestasi atau sertifikat sesuai dengan bidang yang dilamar. Bagi yang pengalaman organisasi sedikit atau belum ada pengalaman bekerja tak perlu khawatir. Kalian bisa mencantumkan pengalaman projek kuliah.

Format CV

Sebaiknya, format CV disesuaikan dengan posisi yang dilamar. Misalnya, jika ingin melamar bidang desain, maka sebaiknya membuat CV yang kreatif.

Namun, jika yang dilamar adalah bidang bisnis seperti bussiness development, marketing, public relations, HRD, dan sebagainya, gunakan CV Aplicant Tracking System (ATS). Pada kasus ini dikembalikan ke perusahaan karena tak semua perusahaan menggunakan CV ATS.

Baca Juga:  HIMA EKSYAR FAI Unsil Tasikmalaya Selenggarakan Webinar Jurnalistik: Menulis Sesuai Versi Media Massa

Hal lain yang perlu diperhatikan untuk memaksimalkan CV ialah mencantumkan akun media sosial atau portofolio. Hindari CV yang terlalu ramai dan panjang. Cukup mencantumkan sesuai posisi yang dilamar.