Kamu Bertanya tentang Jodoh, Inilah 3 Jawaban Cerdas UAS

BINCANGPOS.COM – Bagi yang belum menikah, kadang merasa blank saat berpikir tentang jodoh. Karena itu, hampir di setiap kegiatan pengajian selalu hadir pertanyaan terkait jodoh yang sering ditanyakan jamaah; termasuk saat sesi tanya-jawab UAS.

Terkait tentang cara mencari jodoh ini, pertanyaan yang sering ditanyakan adalah “Bagaimana cara kita agar disegerakan mendapatkan jodoh”?

UAS menjawabnya sebagai berikut:

Pertama adalah usaha

Jodoh tak akan kemana, kata-kata indah ini sering didengar oleh orang yang sedang mencari jodoh. Tetapi hal itu tidak akan diperoleh jika kita tidak berusaha dan ikhtiar.

Ini dianalogi seperti saat ini kita disuguhkan air minum di hadapan, tapi air itu tidak akan sampai ke bibir dan terminum oleh kita jika tidak ada usaha dari tangan kita untuk menggerakkan ke mulut.

Baca Juga:  Kamu Bertanya tentang Rukyah, Inilah Jawaban Cerdas dan Cara UAS Menangkal Jin

Menurut UAS, ada banyak cara dalam berusaha mencari jodoh, diantaranya adalah bermusyawarah dengan orang tua, kyai, ustadz atau sahabat terpercaya. Utarakan kriteria yang diinginkan dalam pernikahan. Apakah yang berparas cantik atau tampan, kaya raya, pintar, saleh atau salehah, bahkan berpangkat.

Dengan bermusyawarah, kita akan mendapatkan nasihat tentang jodoh yang cocok. Orang tua, kyai, ustadz dan sahabat tersebut akan memberikan referensi tentang seseorang yang tepat untukmu.

Kedua adalah berdoa

Saat kita telah berusaha bermusyawarah dengan orang tua, kyai, ustadz dan sahabat; perkuatlah dengan doa. Lakukan shalat hajat dua rakaat, lalu berdoa dengan sungguh-sungguh, cukup lakukan dengan lirih tanpa harus keras agar terdengar orang lain. Lakukan berdoa di setiap sujud terakhir setelah shalat fardu. Memohon kepada Allah SWT agar segera dipertemukan dengan jodoh kita. Dan amalkan ayat ini: “Rabbi laa tadzarnii fardan wa-anta khairullwaaritsiinn” — “Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan engkaulah waris yang paling baik.” (QS. Al-Anbiya: 89).

Baca Juga:  Kamu Bertanya, UAS Menjawab: Inilah Kehidupan Ustadz Abdul Somad

Ketiga adalah tawakal

Jika telah menemukan orang yang menurutmu tepat, segeralah tunjukkan niat baikmu. Dan pasrahkan semua kepada Allah SWT. Pasrah disini adalah menerima setiap jawaban yang akan diberikan oleh calon pasangan.

Jika diterima maka akan berlanjut ke jenjang pernikahan. Jika ditolak, kamu harus bisa menerima keputusan itu dengan sabar dan lapang dada. Terus berikhtiar untuk mendapatkan yang lebih baik.

Ingat, setiap manusia sudah ada jodohnya masing-masing, karena jodohlah kamu bertemu bukan karena bertemu kamu berjodoh. Allah SWT sudah memberikan kita mata, telinga bahkan tenaga. Allah sudah memberikan kita Qadrat (kemampuan) dan Iradat (kehendak) kepada kita, maka gunakan potensi yang telah Allah berikan.

Baca Juga:  Kamu Bertanya tentang Nafkah, Inilah Jawaban Cerdas UAS

Fahamilah wahai saudaraku, kalian bertemu karena sudah dijodohkan oleh Allah SWT.