Peringati Hari Pahlawan Bareng Keluarga, Ini 5 Rekomendasi Film Perjuangan yang Seru Ditonton Bersama

BINCANGPOS.COM – 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan setiap tahunnya. Hal ini bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan negara Indonesia.

Selain itu, para generasi penerus bangsa diharapkan dapat memegang teguh nilai-nilai luhur para pejuang, sehingga dapat mengharumkan negara dengan potensi dan kreativitasnya.

Salah satu bentuk karya anak bangsa yang ditujukan untuk mengenang para pahlawan adalah dengan membuat karya film berdasarkan kisah nyata para tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia.

Film-film ini bisa menjadi pengingat untuk para generasi sekarang agar terus semangat membangun bangsa ini.

Berikut rekomendasi film Indonesia bertema perjuangan yang bisa ditonton:

1. Battle Of Surabaya (2015)

Film ini berbentuk animasi dengan mengangkat tema peristiwa 10 November 1945 yang disutradarai oleh Aryanto Yuniawan.

Baca Juga:  Film Finch Karya Miguel Sapochnik Penuh Makna dan Keajaiban Hidup

Film ini menceritakan tentang petualangan dari karakter bernama Musa yang menjadi tukang semir sepatu. Musa digambarkan sebagai karakter yang berani dan berjuang untuk bertahan hidup dalam kemiskinan di era Perang.

Suara para karakter dalam animasi ini juga diisi oleh aktor dan aktris ternama Indonesia seperti Reza Rahardian, Maudy Ayunda, Tanaka Hidetoshi, dan masih banyak lainnya.

2. Seokarno, Indonesia Merdeka (2013)

Film yang disutradari oleh Hanung Bramantyo ini menceritakan tentang sosok Presiden RI Pertama yaitu Ir. Seokarno sejak masa muda hingga berhasil memproklamasikan kemerdekaan Indonesia bersama Moh. Hatta pada tahun 1945.

Peran Soekarno dipercayakan pada aktor Ario Bayu didampingi oleh Lukman Sardi yang berperan sebagai Moh. Hatta. Sejumlah aktor dan aktris lainnya juga membantu dalam mensukseskan film ini seperti Ratu Tika Bravani, Maudi Koesnaedi, dan yang lainnya.

Baca Juga:  8 Buah Tangan Ini Cocok Dibawa untuk Menjenguk Orang Sakit

3. Bumi Manusia (2019)

Film ini pertama kali rilis pada tanggal 15 Agustus 2019 dengan sutradara Hanung Bramantyo dan penulis skenario Salman Aristo.

Film yang diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer yang berjudul sama, menceritakan tentang pria asal Jawa dan wanita blasteran Belanda yang saling jatuh cinta ketika Indonesia sedang berupaya untuk merdeka dari penjajahan pemerintah kolonial.

Film ini dibintangi oleh Iqbal Ramadhan, Mawar de Jongh, Sha Ine Febriyanti, dan lainnya.

4. Jendral Soedirman (2015)

Berbeda dari film lainnya, film dengan judul tokoh Soedirman ini lebih menceritakan tentang upaya Jendral Soedirman dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang pada saat itu masih belum stabil.

Baca Juga:  Tanaman Hias Cantik Ini Sedang Ngetren. Murah, Meriah dan Indah

Film yang disutradarai oleh Viva Westi ini, menggandeng sejumlah nama artis dalam negeri seperti Adipati Dolken sebagai tokoh utama yaitu Soedirman, Ibnu Jamil, Mathias Muchus, Baim Wong, dan banyak lainnya juga turut berperan dalam film ini.

5. Kartini (2017)

Film garapan sutradara Hanung Bramantyo ini merpakan biografi dari tokoh kesetaraan gender RA. Kartini yang diperankan oleh Dian Sastro Wardoyo.

Selain itu artis Christine Hakim berperan sebagai ibunya yang bernama Ngasirah dan juga Deddy Sutomo sebagai ayahnya, Rade Sosroningrat juga ikut membantu dalam karya film ini.

Itulah beberapa film Indonesia dengan tema perjuangan yang dapat menjadi referensi untuk ditonton di Hari Pahlawan 10 November ini. Selamat menonton.