Punya Bayi Perempuan? Ini 5 Rekomendasi Nama Bayi Perempuan dalam Al-Quran

BINCANGPOS.com – Adakah di antara nama ini yang menjadi pilihan Mama? Saat memilih nama untuk buah hati, tentu Mama akan mencari nama dengan arti dan makna yang baik.

Diharapkan dengan memberikan nama yang indah, segala kebaikan dari arti nama tersebut bisa dimiliki oleh anak. Salah satu sumber inspirasi populer para orang tua mencari nama untuk anak adalah dari bahasa Arab dan Alquran. Apakah Anda salah satunya?

Jika ya, berikut dirangkum informasi tentang nama bayi perempuan menurut Islam dan Alquran. Disimak yuk!

1. Afida

Nama Afida muncul dalam Alquran surat An-Nahl ayat 78. Dalam ayat tersebut, dikatakan bahwa bayi dilahirkan dalam keadaan tidak mengetahui suatu apapun dan suci.

Baca Juga:  Ingin Tenang Hadapi Masalah? Bacalah Doa Dimudahkan Segala Urusan Ini

Nah, kata Afida dalam ayat tersebut pun memiliki makna hati nurani, Ma. Memberikan nama Afida pun diharapkan akan menjadi harapan bagi orangtua supaya nantinya si Kecil memiliki hati nurani yang tulus dan selalu berbuat baik kepada semua orang.

2. Aghnia

Nama indah ini muncul dalam Alquran surat Al-Baqarah ayat 273 yang memiliki makna kaya. Namun tidak bermakna negatif ya, Ma. Sebab dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa kaya bisa didapat melalui tindakan terpuji seperti bersedekah.

Memberikan nama ini untuk si Kecil bisa menjadi harapan serta doa bagi Mama dan Papa agar kelak anak bisa rajin bersedekah dan mendapatkan banyak rezeki. Tak lupa juga agar ia selalu ikhlas saat menolong orang lain yang membutuhkan ya, Ma.

Baca Juga:  Kamu Bertanya tentang Jodoh, Inilah 3 Jawaban Cerdas UAS

3. Hilya

Hilya muncul dalam Alquran surat An-Nahl ayat 14. Dalam ayat ini, Hilya memiliki arti perhiasan. Nama ini sangat cocok diberikan untuk bayi perempuan kesayangan Mama bukan?

Selain Hilya, ejaan lain yang juga memiliki makna sama dan sering digunakan adalah Hilyah. Kedua ejaan ini sama-sama memiliki makna perhiasan dan perilaku yang baik, sehingga bisa menjadi harapan yang baik untuk buah hati.

4. Kamila

Muncul dalam surat Al-Baqarah ayat 196, nama Kamila memiliki makna yang lengkap atau tanpa kekurangan. Ejaan Kamila juga sering ditulis sebagai Kamilah.

Nama Kamila juga bisa diartikan sebagai sempurna. Nah, jika Mama berharap kelak si Kecil bisa tumbuh sempurna dan berperilaku baik, Mama bisa memberikan nama Kamila untuknya. Nama ini sangat cantik ya, Ma?

Baca Juga:  Lafadz Niat dan Keutamaan Puasa Sunnah Ayyamul Bidh. Pahalanya Sebanding dengan Puasa 1 Tahun

5. Khalisa

Secara etimologi, nama Khalisa memiliki arti suci, murni dan mulia. Ejaan ini muncul dalam Alquran surat Al-Araf ayat 32. Dalam ayat tersebut ditulis tentang haramnya perbuatan yang keji, baik yang nampak ataupun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, serta melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar.

Dengan memberikan nama ini, diharapkan kelak nantinya buah hati bisa tumbuh dengan perilaku yang tulus, baik, dan tidak suka iri dengki, Ma. Nama Khalisa juga cocok diiringi dengan Azzahra, yang memiliki arti cantik seperti bunga.