Rekomendasi 5 Pondok Pesantren Khusus Putri untuk Sekolah Anak Anda

BINCANGPOS.COM — Pesantren masih jadi pilihan orang tua untuk menyekolahkan anaknya. Menjaga pergaulan bebas sampai memandirikan anak jadi alasan mereka untuk memberi titel santri pada anaknya.

Namun, memilih pesantren yang cocok dan sesuai kriteria tentu bukan perkara mudah, termasuk pesantren khusus putri.

Bagi orang tua yang memiliki anak perempuan dan masih bingung memilih pesantren, berikut 5 pesantren khusus putri yang tersebar di Indonesia yang barangkali cocok:

1. Aisyiyah Boarding School (ABS) Bandung

Aisyiyah Boarding School Bandung merupakan pesantren khusus putri yang terdiri dari jenjang SMP dan SMA. Pesantren ini mengusung tema pendidikan 6 tahun.

Hal unik dari pesantren ini, yakni bagi santri yang melanggar tak beri hukuman. Para santri hanya diminta melakukan pembiasaan positif dan konsekuensi logis pada praktik kesehariannya.

Baca Juga:  Inilah Bedanya Lafaz Niat Sholat Ashar Sendirian dengan Berjamaah

Selain itu, keseimbangan antara pelajaran umum dan pesantren juga menjadi hal menarik lainnya dari pesantren ini.

Pesantren khusus putri ini terletak di jalan Terusan Rancagoong II no 1 Kota Bandung untuk jenjang SMP. Sedangkan SMA-nya berada di jalan Laswi Nomor 308 Baleendah, Kabupaten Bandung.

2. Pesantren Gontor Putri

Pesantren khusus putri ini berdiri sejak tahun 1900-an ini berlamat di Jl. Nasional 15, Kedungmiri, Sambirejo, Kec. Mantingan, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Pesantren yang memiliki prinsip harus mewarnai atau diwarnai ini tidak diragukan lagi, mengingat kualitas para alumninya.

Salah satu kebiasaan unik di pesantren khusus putri ini, yaitu santri tidak diperkenankan membawa tas ke dalam kelas.

Baca Juga:  Lafadz Niat dan Keutamaan Puasa Sunnah Ayyamul Bidh. Pahalanya Sebanding dengan Puasa 1 Tahun

3. Pesantren Muallimat Muhammadiyah Jogjakarta.

Pesantren khusus putri ini beralamat di Jl. Suronatan Blok NG II No.653, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pesantren ini menjadi salah satu pesantren khusus putri yang berada di bawah organisasi Muhammadiyah.

Tidak melulu nasyid, kaligrafi, dan qiroaat, pesantren khusus putri ini juga memiliki ekstrakurikuler jurnalistik, TIK, dan design Grafis.

4. Pesantren Putri Al Mawaddah, Ponorogo

Pesantren khusus putri ini berlokasi di Desa Coper, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Pesantren tersebut berada di bawah yayasan AL-ARHAM. Pesantren yang memiliki arti ‘cinta-kasih’ ini didirikan oleh alm. KH. Ahmad Sahal (Pendiri dan Pengasuh Pondok Modern Gontor).

Baca Juga:  Bila Mimpi Melihat Cahaya, Inilah Arti dan Maknanya

Tak ayal, pesantren khusus putri ini pun menggunakan sistem pembelajaran yang sangat mirip dengan Gontor.

Adapun yang membedakan antara Al Mawaddah dan Gontor, pesantren khusus putri ini tetap mengikuti UN.

5. Darul Hikam, Mojokerto

Pesantren khusus putri yang memiliki ekstrakulikuler robotic ini berada di Tambaksuruh Puri, Tambakagung, Mojokerto, Jawa Timur.

Lokasi pesantren yang berada di tengah-tengah sawah ini cocok untuk menghapal Al Quran. Hal yang ditawarkan dari pesantren ini adalah keseimbangan antara tahfiz dan pelajaran umum.

Itulah 5 pesantren khusus putri yang ada di Indonesia, yang mungkin bisa menjadi rujukan para orang tua yang hendak menyekolahkan anak putrinya ke pesantren.