Saat Sakit, Bacalah Surah Al-Fatihah, Kemudian Bacalah Doa Ini

BINCANGPOS.com – Dalam kitab al-Fataawa ash-Shufiyyah, dikisahkan bahwa suatu ketika, terjadi wabah penyakit besar di negeri Maltan. Syaikh At-Tamimi, waktu itu memerintahkan para sahabatnya untuk membaca Al-Fatihah yang disambungkan dengan basmalah bagi orang yang menderita penyakit menular.

Setelah selesai membacanya, ia harus meniupkannya kepada yang sakit. Kami (muridnya Syaikh At-Tamimi) membacanya sebagaimana yang diperintahkan. Saat itu, kami menyaksikan penyembuhan dengan pertolongan Allah Swt.

Bahkan, siapa saja yang mendawamkan Al-Fatihah dengan basmalah sesudah shalat sunah Shubuh dan fardhunya; maka jika ia tidak mempunyai posisi, ia akan memperolehnya; jika miskin, Allah akan mencukupkannya; jika berutang, Allah akan membayarkan utangnya; jika sakit, Allah akan segera menyembuhkannya; jika lemah, Allah akan menguatkannya; jika terpinggirkan, Allah akan memuliakannya di antara manusia dengan kemuliaan yang tidak pernah ia bayangkan.

Baca Juga:  Selain Bekerja dan Berusaha, Bacalah Doa Ini untuk Membuka Rezeki

Ia akan dicintai di alam tinggi dan di alam rendah. Pembicaraannya akan didengarkan. Perbuatannya akan diterima. Ia akan ditakuti musuhnya dan dicintai pecintanya. Ia selalu berada dalam perlindungan Allah Swt. selama ia mendawamkannya.

Rasulullah Saw. bersabda, “Al-Fatihah terbuka untuk segala maksud kaum mukminin. Barangsiap yang membacanya dengan wudhu tujuh hari, setiap hari 70 kali, dan meniupkannya pada air bersih dan meminumnya, Allah akan memberikan kepadanya ilmu dan hikmah dengan anugerah-Nya. Allah akan mensucikan hatinya dari pikiran yang kotor dan menjadikannya cerdas. Ia tidak akan melupakan apa yang pernah didengarnya.” (Al-Hadits).

Baca Juga:  Ketawanya Seorang Muslim ialah Energi Positif

Karena itu, mari kita baca doa berikut sebelum membaca Al-Quran untuk memohon khasiat kebaikan dari pembacaan kita terhadap surah Al-Fatihah.

“Allahummaghfirlii bil qur’aani. Allahummarhamnii bil qur’aani. Allahummahdinii bil qur’aani. Allahummarzuqnii bil qur’aani.”

Artinya: “Ya Allah ampunilah aku dengan Al-Qur’an. Ya Allah kasihilah aku dengan Al-Qur’an. Ya Allah berilah petunjuk kepadaku dengan Al-Qur’an. Ya Allah berilah rezeki kepadaku dengan Al-Qur’an.” (HR. Ibn Abi Syaibah).

Kemudian, agar tubuh dan jiwa kita terbebas dari penyakit lahir dan batin, bacalah doa berikut dengan khusuk.

“Allaahumma innii a’uudzubika min al-‘azji wa al kasali wa al-jubni wa al-bukhli wa al-harami wa al-qaswati wa al-ghaflati wa al-‘ailati wa al-dzilati wa al-maskanati. Wa a’uudzubika min al-faqri wa al-fusuqi wa al-syiqaaqi wa al-nifaaqi wa al-sum’ati wa al-riya’i. Wa a’uudzubika min al-shamami wa al-bukmi wa al-junuuni wa al-judzani wa al-barashi wa sayyi’i al-aqsami.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, kemalasan, sifat pengecut, kekikiran, pikun, kekerasan hati, lalai, berat tanggungan, kehinaan dan kerendahan. Aku juga berlindung kepada-Mu dari kemiskinan, kekufuran, kefasikan, perpecahan, kemunafikan, sum’ah (amal ingin didengar), dan riya’ (amal ingin dilihat). Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari tuli, bisu, gila, penyakit lepra, belang, dan keburukan berbagai penyakit.” (HR. Al-Hakim, Thabrani, dan Ibnu Hibban).