Semangat Hidup Tetiba Saja Padam? Tersenyumlah. Inilah Dampaknya dalam Hidupmu

BINCANGPOS.com – Seperti menaiki sebuah roller coaster, kadang dalam hidup seseorang merasa jatuh-sejatuh-atuhya. Hingga dia merasa kehilangan semangat hidup, maka padamlah api semangat hidunya. Lantas bagaimana menyikapi semangat hidup yang padam itu?

Adalah tersenyum sebuah cara yang merupakan pilihan dan bisa diambil oleh seseorang yang mengalami semangat hidup yang padam. Kadang orang menganggap tersenyum adalah hal yang hanya lazim dilakukan untuk merespon sesuatu yang menggembirakan atau membuatnya tertawa, meski pendapat ini benar.

Namun, poin penting dalam tersenyum ternyata bisa dilakukan secara sengaja atau di sengajakan lho. Terlebih untuk orang yang sedang mengalami semangat hidup yang padam seperti judul yang Ane buat di atas.

Singkatnya tak peduli bahwa senyum seseorang itu asli atau palsu. Senyum disinyalir dapat memengaruhi alam pikiran juga mempengaruhi tubuh dan akan menimbulkan energi positif yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan, baik memperbaiki suasana hati, hingga untuk memberikan energi positif bagi bagi orang-orang yang berada di sekitar.

Baca Juga:  Tanaman Hias Cantik Ini Sedang Ngetren. Murah, Meriah dan Indah

Tersenyum dapat memengaruhi perasaan positifmu, bahkan jika itu terkesan tidak wajar atau dipaksakan. Terlepas apakah senyum kamu tulus atau tidak. Karena senyum itu tetap mengirimkan pesan kepada otak bahwa hidup itu baik.

Setelah kamu membaca manfaat tersenyum yang bisa datang secara alami atau juga dipaksakan, apa pilihanmu? Karena senyum itu adalah pilihan. Yaitu pilihan orang yang berani tersenyum.

Maka manfaat dari tersenyum secara keseluruhan adalah hidup akan lebih sehat, bahagia, ketika kamu mau tersenyum dan keajaiban pun terjadi. Hormon endorfin akan dilepaskan oleh tubuh, ketika seringai murahan bernama tersenyum itu kamu lakukan.

Hormon endorfin ini juga diproduksi saat seseorang telah melakukan olahraga. Namun hanya dengan tersenyum dan kamu tidak menggerakkan tubuh yang lain, kamu juga menghasilkan hormon endofrin ini. Maka jangan ragu untuk tersenyum.

Kalau kamu masih ragu untuk tersenyum, maka cobalah berpikir sekali lagi. Berikut akan Ane sertakan manfaat tersenyum berdasarkan sebuah sumber yang terpercaya:

Baca Juga:  Perhatikan 3 Hal Ini Supaya Nggak Kecewa Saat Belanja Online

1. Senyum Membantu Kamu Hidup Lebih Lama

Seseorang yang membiasakan diri untuk tersenyum, meskipun dalam keadaan terjatuh sekalipun itu baik. Menurut penelitian senyuman akan mampu memanjangkan umur. Suatu studi pada tahun 2010 menemukan bahwa senyum yang tulus dan instens dikaitkan dengan umur yang lebih panjang.

2. Tersenyum Dapat Meredakan Stress

Tersenyum tidak hanya membantu mencegah seseorang dari terlihat; lelah, lesu, dan kualahan dalam menghadapi suatu masalah. Namun lebih daripada itu tersenyum juga dapat mengurangi stres.

3. Senyum Meningkatkan Mood

Lalu kali saat kamu merasa sedih, tetap berusahalah sekuat tenaga untuk tersenyum. Maka kemungkinan besar suasana hatimu akan berubah menjadi lebih baik. Tindakan tersenyum ini sebenarnya mengaktifkan jalur di otak yang memengaruhi keadaan emosi seseorang dan diartikan sebagai mengadopsi ekspresi wajah yang bahagia lho.

Tindakanmu tersenyum tersebut adalah menipu pikiranmu sendiri, untuk memasuki keadaan bahagia. Tentu hal ini berlaku apakah senyum kamu itu hanya palsu, ataupun tulus. Karena yang jelas kamu telah berusaha untuk mempengaruhi dan mengontrol dirimu sendiri.

Baca Juga:  Film Finch Karya Miguel Sapochnik Penuh Makna dan Keajaiban Hidup

4. Senyum Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tersenyum juga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan loh. Yaitu membantu sistem kekebalan tubuh untuk berfungsi secara lebih efektif. Saat seseorang tersenyum fungsi kekebalan tubuhnya akan meningkat, karena berkat pelepasan neurotransmiter tertentu sehingga tubuh akan menjadi lebih rileks.

5. Tersenyum Menunjukkan Kesuksesan

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang tersenyum secara teratur tampak lebih percaya diri. Oleh karenanya lebih mungkin untuk dipromosikan dan lebih mungkin untuk didekati.

Berpura-puralah tersenyum sampai kamu berhasil. Tidak masalah jika kamu masih berpura-pura dalam tersenyum. Namun kamu telah berusaha untuk berbuat baik pada dirimu sendiri. Siapa yang akan mencintaimu, jika kamu tidak memulainya yaitu mencintai dirimu sendiri?